More

    Seminar Pemetaan Keilmuan

    Manusia diciptakan memiliki umur terbatas. Sebagaimana yang kita ketahui, bahwa ilmu sangatlah luas dan mendalam. Dengan umur yang sangat singkat, tentu kita tidak dapat menguasai berbagai macam ilmu dan ahli di setiap bidang keilmuan. Demi mempersingkat waktu dalam belajar, maka penting bagi kita mengetahui pemetaan keilmuan. Tahun ini Rumah Syariah (RSa) kembali mengadakan Seminar Pemetaan Keilmuan untuk para anggota aktifnya. Seminar dilaksanakan pada senin 12 juli 2021 bertempat di Markaz Besar Rumah Syariah.


    Diantara pesan dalam seminar yang dibawakan oleh pendiri sekaligus penasehat umum RSa,Ustaz Agung Saputro, Lc. Dipl., yaitu beliau menekankan kepada kita untuk berguru dan belajar ilmu alat sampai kita mampu menyimpulkan makna-makna yang tertulis dalam buku,”Agar kita bisa hidup mencari ilmu dengan terus-menerus.” tegasnya.


    Kita tidak selamanya hidup dengan guru. Akan ada masanya guru-guru kita wafat dan kitalah yang menggantikan mereka menjadi guru. Maka, kita berguru dan belajar ilmu alat itu agar kita tahu istilah-istilah dalam ilmu, sehingga kita bisa belajar terus-menerus dengan membaca dan memahami buku secara mandiri dengan baik dan benar. Karena ilmu berisikan permasalahan, disampaikannya dengan istilah-istilah, dan istilah merupakan bahasa sekelompok kaum.
    “العلوم هو مسائل. تعبر بالمصطلحات هي لغة طائفة”
    Ada suatu kaidah penting yang harus kita ketahui. Yaitu, segala sesuatu memiliki istilah dan jangan campur adukkan istilah satu disiplin ilmu kedalam disiplin ilmu lainnya.
    “سر الفهم ضع كل شيء مكانه
    Ini merupakan pesan yang pemateri sampaikan dalam acara seminar. Adapun pesan lainnya yaitu agar kita meninggalkan hal-hal yang menjadi penghalang dalam menuntut ilmu, apa sajakah hal-hal tersebut?


    Imam Yusi dalam kitabnya al-Qanuun mengatakan ada 6 penghalang utama para penuntut ilmu, diantaranya:


    Menunda-nunda yang seharusnya bisa dilakukan sekarang.


    Terlalu percaya diri dengan kepintarannya sehingga mengabaikan hal-hal yang seharusnya dilakukannya.


    Seorang yang cerdas biasanya merasa bahwa dirinya mampu mengejar ketertinggalan. Banyak yang kehilangan kesempatan mencari ilmu hanya karena ia menunda-nunda sampai pada masa bertumpuknya kewajibannya.


    Pindah dari ilmu ke ilmu lainnya sebelum ia dirasa cukup untuk pindah. Memang beberapa ilmu bisa dibagi bab pembahasannya, seperti Mantiq yang dibagi antara tashawwur dan tasdiq. Namun, yang lebih baik adalah menuntaskan satu ilmu baru pindah ke ilmu lainnya.


    Imam Yusi kemudian berkata, “Dengan kalian pindah dari satu ilmu ke ilmu lain sebelum kalian dianggap cukup untuk pindah, itu sama saja kalian sedang menghancurkan apa yang telah kalian bangun diawal. Kalian akan merasakannya saat kalian menjalani itu.”


    Mencari dunia dengan ilmu. Kalau tujuannya dunia, maka akan terhalang keberkahan dalam mencari ilmu.


    Kesulitan dan tidak punya sokongan untuk hidup sehari-hari. Dan ini merupakan faktor eksternal dan bukan kemauan pencari ilmu. Karena dalam mencari ilmu, butuh kefokusan dan ketenangan.
    Sebagaimana maulana Syekh Husam Ramadhan, pada masa beliau mencari ilmu, ketika beliau membaca, beliau harus mematikan jam dinding. Karena bunyi detiknya jam dinding mengganggu beliau. Hal ini membuktikan betapa ketenangan dan kefokusan sangat dibutuhkan oleh para penuntut ilmu.


    Keluasan dalam finansial, terlalu mudah dalam menjalani hidup, kekosongan waktu sehingga berleha-leha. Yakni kebalikan poin kelima.
    Syekh Husam pernah mengatakan,”Saat kau sudah berazam untuk menapaki jalan ilmu, saat itu juga 100 cobaan datang untuk menghentikan langkahmu.”


    Semoga dengan diadakannya seminar peta keilmuan ini, Rumah Syariah semakin diberikan keberkahan dan memberikan manfaat kepada para anggota aktif khususnya dan seluruh eleman pada umumnya. Aamin.

    Penulis : Nur Wardatul Jannah
    Editor : Tim Pubikasi

    Stay in the Loop

    Get the daily email from CryptoNews that makes reading the news actually enjoyable. Join our mailing list to stay in the loop to stay informed, for free.

    [tds_leads input_placeholder="Your email address" btn_horiz_align="content-horiz-center" pp_checkbox="yes" pp_msg="SSd2ZSUyMHJlYWQlMjBhbmQlMjBhY2NlcHQlMjB0aGUlMjAlM0NhJTIwaHJlZiUzRCUyMiUyMyUyMiUzRVByaXZhY3klMjBQb2xpY3klM0MlMkZhJTNFLg==" tdc_css="eyJhbGwiOnsibWFyZ2luLWJvdHRvbSI6IjAiLCJkaXNwbGF5IjoiIn0sImxhbmRzY2FwZSI6eyJkaXNwbGF5IjoiIn0sImxhbmRzY2FwZV9tYXhfd2lkdGgiOjExNDAsImxhbmRzY2FwZV9taW5fd2lkdGgiOjEwMTksInBvcnRyYWl0Ijp7ImRpc3BsYXkiOiIifSwicG9ydHJhaXRfbWF4X3dpZHRoIjoxMDE4LCJwb3J0cmFpdF9taW5fd2lkdGgiOjc2OCwicGhvbmUiOnsiZGlzcGxheSI6IiJ9LCJwaG9uZV9tYXhfd2lkdGgiOjc2N30=" input_border="0" input_radius="eyJhbGwiOiI2cHggMCAwIDZweCIsImxhbmRzY2FwZSI6IjVweCAwIDAgNXB4IiwicG9ydHJhaXQiOiI1cHggMCAwIDVweCJ9" btn_bg="#10bf6b" btn_bg_h="#333237" f_btn_font_family="420" f_btn_font_size="eyJhbGwiOiIxMyIsImxhbmRzY2FwZSI6IjEyIiwicG9ydHJhaXQiOiIxMiJ9" f_btn_font_line_height="eyJhbGwiOiIzLjYiLCJsYW5kc2NhcGUiOiIzLjMiLCJwb3J0cmFpdCI6IjMuMyJ9" f_input_font_line_height="eyJhbGwiOiIzLjYiLCJsYW5kc2NhcGUiOiIzLjMiLCJwb3J0cmFpdCI6IjMuMyJ9" f_input_font_family="420" f_input_font_size="eyJhbGwiOiIxMyIsImxhbmRzY2FwZSI6IjEyIiwicG9ydHJhaXQiOiIxMiJ9" input_padd="eyJhbGwiOiIwIDE1cHggMXB4IiwibGFuZHNjYXBlIjoiMCAxM3B4IDFweCIsInBvcnRyYWl0IjoiMCAxMHB4IDFweCJ9" btn_padd="eyJhbGwiOiIwIDE1cHggMXB4IiwibGFuZHNjYXBlIjoiMCAxM3B4IDFweCIsInBvcnRyYWl0IjoiMCAxMHB4IDFweCJ9" btn_radius="eyJhbGwiOiIwIDZweCA2cHggMCIsImxhbmRzY2FwZSI6IjAgNXB4IDVweCAwIiwicG9ydHJhaXQiOiIwIDRweCA0cHggMCJ9" pp_check_color="#a0a0a0" pp_check_square="#000000" pp_check_border_color="rgba(16,191,107,0)" f_pp_font_family="420" pp_check_bg="rgba(255,255,255,0.6)" pp_check_size="eyJhbGwiOjE0LCJsYW5kc2NhcGUiOiIxMyIsInBvcnRyYWl0IjoiMTMifQ==" msg_composer="" f_title_font_family="420" msg_space="eyJsYW5kc2NhcGUiOiIwIDAgMTBweCIsInBvcnRyYWl0IjoiMCAwIDEwcHgifQ==" f_title_font_size="eyJsYW5kc2NhcGUiOiIxMCJ9" f_msg_font_size="eyJsYW5kc2NhcGUiOiIxMCIsInBvcnRyYWl0IjoiMTAifQ==" f_pp_font_size="eyJsYW5kc2NhcGUiOiIxMCIsInBvcnRyYWl0IjoiMTAifQ==" pp_space="eyJsYW5kc2NhcGUiOiIxNCIsInBvcnRyYWl0IjoiMTAifQ==" pp_check_color_a_h="#ffffff"]

    Latest stories

    - Advertisement - spot_img

    You might also like...