More

    Untuk Apa Rumah Syariah Mengadakan Rihlah?

    Tepat pada tanggal (9-11/10) Rumah Syariah mengadakan rihlah. Dimyat menjadi lokasi yang dipilih untuk menghabiskan tiga hari waktu luang tersebut. Bersama Ustadz Saiful Millah, Ustadz Bagus Fadli, para pembina rumah serta seluruh anggota angkatan enam. Adapun beberapa kegiatan yang dibentuk ialah bincang santai, olahraga bersama, serta malam pertunjukan.

    Sebagai komunitas yang terbentuk melalui pintu formalitas, maka bukan suatu hal yang mudah untuk menciptakan hubungan persaudaraan antar anggota. Hadir dengan berbagai latarbelakang yang berbeda, mengharuskan usaha yang lebih keras pula untuk melenturkan hubungan persaudaraan antar anggota.

    Rihlah ini menjadi salah satu perantara bagi para motorik Rumah Syariah untuk merealisasikan intensi tersebut. Berbagai kegiatan yang dirancang adalah bentuk ikhtiyar yang dilakukan untuk melepaskan sekat-sekat yang masih menjadi penghalang interaksi antar anggota.

    Berikut pesan pembimbing yang berhasil menyadarkan para anggota akan urgensitas rihlah yang diadakan:

    “Jika ditinjau dari segi agama rihlah memiliki posisi tersendiri, seperti bentuk praktek para sahabat dalam memanfaatkan beberapa waktunya untuk bersantai dan berbincang bersama, merupakan bukti bahwa dalam agama tidak selalu menyoal tentang hal-hal yang serius. Selaras dengan jawaban Sayidina Abu Bakar:

    ليعلم اليهود أن في دينا فسحة

    Adapun dalam al-quran dalm Surat Ali Imran ayat 137:

    …فسيروا في الأرض فانظروا…

    Waktu yang biasanya dihabiskan untuk membaca al-quran, hafalan matan dll yang kini seolah-olah diganti dengan hal-hal yang secara empiris sekedar kesenangan duniawi bukan lagi merupakan suatu kesiasian selama niat yang digaungkan benar. Bahkan kegiatan ini memiliki posisi tersendiri dalam agama dan juga mengindikasikan bahwa tak selamanya beragama itu kaku.

    Bagaimana hakikat pertemanan sebenarnya?

    Pertemanan yang menjadikan seorang teman benar-benar teman. Bukan hanya sekedar teman formalitas, yang berdalih dengan ungkapan “aku bersamanya karena sebatas sistem yang membentuk kami”.

    Jika dalam pertemanan masih ditemukan hal tersebut, maka segera robohkan sekat-sekat yang akan menjadi penghalang terbentuknya suatu pertemanan yang tulus. Yakni pertemanan yang terimplementasi dengan rasa afeksi untuk selalu ingin memberi daripada menerima. Jika telah hilang rasa sungkan dalam pertemanan atau bahkan hingga sampai derajat tidak memilki adab antar sesama, ini menjadi salah satu tahapan bahwa hubungan yang terbentuk merupakan hubungan pertemanan yang benar-benar teman.

    لا أدب لمن أحب.

    Jangan sampai menunggu kehilangan keluarga untuk menyadari betapa berharganya suatu keluarga!

    Hubungan antara pembina dan anggota di Rumah Syariah adalah hubungan untuk mewujudkan visi dan misi memperjuangkan islam dengan ilmu. Maka jika hubungan antar kita masih hanya sebatas hubungan pertemanan atau keluarga yang formalitas, pupuslah harapan untuk sampai pada visi dan misi yang telah dicanangkan.

    Harapan dari rihlah yang diadakan ini adalah salah satu bentuk ikhtiyar untuk mengeratkan hubungan kekeluargaan anggota Rumah Syariah. Maka perlu diingat segala hal yang diniatkan dengan niat yang benar InsyaAllah bukan merupakan suatu kesiasiaan.”

    Demikianlah pesan yang disampaikan sebelum akhirnya kami kembali ke Kairo dan kembali melaksanakan kegiatan-kegiatan Rumah Syariah.

    Reporter: Rima Hasna Fariha

    Editor: Rahmawati

    Stay in the Loop

    Get the daily email from CryptoNews that makes reading the news actually enjoyable. Join our mailing list to stay in the loop to stay informed, for free.

    [tds_leads input_placeholder="Your email address" btn_horiz_align="content-horiz-center" pp_checkbox="yes" pp_msg="SSd2ZSUyMHJlYWQlMjBhbmQlMjBhY2NlcHQlMjB0aGUlMjAlM0NhJTIwaHJlZiUzRCUyMiUyMyUyMiUzRVByaXZhY3klMjBQb2xpY3klM0MlMkZhJTNFLg==" tdc_css="eyJhbGwiOnsibWFyZ2luLWJvdHRvbSI6IjAiLCJkaXNwbGF5IjoiIn0sImxhbmRzY2FwZSI6eyJkaXNwbGF5IjoiIn0sImxhbmRzY2FwZV9tYXhfd2lkdGgiOjExNDAsImxhbmRzY2FwZV9taW5fd2lkdGgiOjEwMTksInBvcnRyYWl0Ijp7ImRpc3BsYXkiOiIifSwicG9ydHJhaXRfbWF4X3dpZHRoIjoxMDE4LCJwb3J0cmFpdF9taW5fd2lkdGgiOjc2OCwicGhvbmUiOnsiZGlzcGxheSI6IiJ9LCJwaG9uZV9tYXhfd2lkdGgiOjc2N30=" input_border="0" input_radius="eyJhbGwiOiI2cHggMCAwIDZweCIsImxhbmRzY2FwZSI6IjVweCAwIDAgNXB4IiwicG9ydHJhaXQiOiI1cHggMCAwIDVweCJ9" btn_bg="#10bf6b" btn_bg_h="#333237" f_btn_font_family="420" f_btn_font_size="eyJhbGwiOiIxMyIsImxhbmRzY2FwZSI6IjEyIiwicG9ydHJhaXQiOiIxMiJ9" f_btn_font_line_height="eyJhbGwiOiIzLjYiLCJsYW5kc2NhcGUiOiIzLjMiLCJwb3J0cmFpdCI6IjMuMyJ9" f_input_font_line_height="eyJhbGwiOiIzLjYiLCJsYW5kc2NhcGUiOiIzLjMiLCJwb3J0cmFpdCI6IjMuMyJ9" f_input_font_family="420" f_input_font_size="eyJhbGwiOiIxMyIsImxhbmRzY2FwZSI6IjEyIiwicG9ydHJhaXQiOiIxMiJ9" input_padd="eyJhbGwiOiIwIDE1cHggMXB4IiwibGFuZHNjYXBlIjoiMCAxM3B4IDFweCIsInBvcnRyYWl0IjoiMCAxMHB4IDFweCJ9" btn_padd="eyJhbGwiOiIwIDE1cHggMXB4IiwibGFuZHNjYXBlIjoiMCAxM3B4IDFweCIsInBvcnRyYWl0IjoiMCAxMHB4IDFweCJ9" btn_radius="eyJhbGwiOiIwIDZweCA2cHggMCIsImxhbmRzY2FwZSI6IjAgNXB4IDVweCAwIiwicG9ydHJhaXQiOiIwIDRweCA0cHggMCJ9" pp_check_color="#a0a0a0" pp_check_square="#000000" pp_check_border_color="rgba(16,191,107,0)" f_pp_font_family="420" pp_check_bg="rgba(255,255,255,0.6)" pp_check_size="eyJhbGwiOjE0LCJsYW5kc2NhcGUiOiIxMyIsInBvcnRyYWl0IjoiMTMifQ==" msg_composer="" f_title_font_family="420" msg_space="eyJsYW5kc2NhcGUiOiIwIDAgMTBweCIsInBvcnRyYWl0IjoiMCAwIDEwcHgifQ==" f_title_font_size="eyJsYW5kc2NhcGUiOiIxMCJ9" f_msg_font_size="eyJsYW5kc2NhcGUiOiIxMCIsInBvcnRyYWl0IjoiMTAifQ==" f_pp_font_size="eyJsYW5kc2NhcGUiOiIxMCIsInBvcnRyYWl0IjoiMTAifQ==" pp_space="eyJsYW5kc2NhcGUiOiIxNCIsInBvcnRyYWl0IjoiMTAifQ==" pp_check_color_a_h="#ffffff"]

    Latest stories

    - Advertisement - spot_img

    You might also like...